Apa Itu Bisnis MLM

158919_motivasi_663_382Menurut Robert T. Kiyosaki, “Orang-orang terkaya didunia mencari dan membangun jaringan, orang-orang lain mencari pekerjaan”. Wah kalimatnya itu bisa disimpulkan dan berhubungan dengan bisnis network marketing atau MLM. Bisnis MLM yang baik menurut APLI haruslah memiliki produk yang dijual dan berfokus kepada penjualan. Perusahaan MLM yang benar tidak pernah memberikan komisi terhadap masuknya seorang member baru kepada sponsor yang mengajaknya. Menurut saya kedua hal tersebut haruslah kita teliti sebelum memutuskan bergabung didalam sebuah perusahaan MLM.

Dalam membangun bisnis tujuan kita seharusnya adalah untuk memiliki uang dan waktu luang. Tidak bisa kita nikmati uang hasil kerja keras kita jika ternyata kita tidak memiliki waktu luang. Pernah saya membaca 4 kuadran yang dijelaskan oleh Robert T. Kiyosaki dulu yaitu Kuadaran E untuk Employee, S untuk Self-Employed, B untuk Business dan I untuk Investor. Persisnya saya lupa tahun berapa saya membaca buku yang sangat menginspirasi tersebut, tapi semenjak membaca dan memahami konsep 4 kuadran dibuku itu saya terus terang menghayal untuk segera berpindah dari kuadran E ke kuadran I. Ha ha ha ha khayalan tingkat tinggi.

Sekarang sudah hampir 4 tahun saya menekuni bisnis MLM. Saya merasakan seperti sedang bersekolah setiap hari di bisnis ini. Tentu saja untuk masa depan yang sangat cerah yang bisa saya khayalkan selama berada disini. Perubahan ekonomi, harapan, impian, cita-cita yang rasakan dalam 4 tahun terakhir ini. Lepas sudah keterikatan saya pada dunia kantor yang dulu saya pikirkan adalah tempat satu-satunya untuk saya menghasilkan uang demi mewujudkan impian-impian saya. Kini saya lebih bebas, bergerak dan tentu saja memiliki banyak pilihan. Bisnis MLM ini telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja sesuai dengan target pribadi yang telah saya tentukan. Dia memberikan kesempatan untuk saya menghasilkan jutaan rupiah dengan biaya masuk yang sangat rendah yakni hanya 39.900 saja. Bisnis ini juga sudah menyiapkan sistemnya untuk saya rujuk ketika bekerja dan support terhadap perkembangan zaman dan teknologi.

Ah bisnis MLM menurut saya sama saja dengan bisnis konvensional hanya saja disini saya belajar untuk menghidupkan impian-impian saya.

Ditulis oleh: Doris Aminah Nasution


Be Sociable, Share!

Speak Your Mind

*

You might also likeclose