Tips Bagi Karyawan yang Mau Mulai Berbisnis

Pengalaman mengajarkan saya ketika di tahun 2006 memulai bisnis sambilan meskipun status masih tercatat sebagai karyawan IT dikawasan Sudirman, Jakarta. Berbekal pengalaman itu saya melihat begitu banyak kesempatan yang sungguh tidak terbatas untuk digarap. Apalagi negeri ini berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa belum lagi membayangkan betapa besarnya potensi mengembangkan bisnis antar negara dengan semakin murahnya biaya koneksi internet.

Sebelum mengambil keputusan untuk seratus persen mengembangkan bisnis, saya memang belajar mengelolanya sambil tetap mempertahankan status sebagai karyawan. Agar biaya hidup bulanan kami tidak begitu terganggu. Saya belajar dalam setahun berada di dua dunia, begitu banyak yang harus dipersiapkan. Saya akan bagikan untuk anda semua melalui cerita di artikel ini.

Inilah beberapa tips bagi karyawan yang mau mulai berbisnis di tahun 2013 ini:

  1. Tentukan bidang bisnis yang pasarnya besar dan memerlukan modal yang terjangkau.
  2. Siap dengan segala resikonya dan ukur benar-benar kemungkinan kerugiannya di nominal berapa. Tentukan batasan angka yang bisa kita tolerir dan tentu saja tidak mengganggu keuangan keluarga.
  3. Ajak suami/istri dari awal. Libatkan mereka 100% dan tentu saja yang paling vital adalah izin kepada kedua orang tua kita. Minta doa mereka agar usaha kita semakin membesar dan mental kita sebagai seseorang yang hidup didua dunia menjadi kuat dari hari ke hari.
  4. Tentukan target yang terukur baik dari nominal omset maupun profitnya. Ketika profit paling tidak sudah sama dengan gaji kantor dan seperti peneropongan kita terhadap peluang bisnis yang dikelola sendiri itu ternyata begitu besar peluangnya, maka bersiaplah untuk memilih satu dari dua dunia tersebut. Putuskan dan kerjakan habis-habisan semaksimal mungkin. Harus ada pertumbuhan yang terlihat dan bisa diukur setiap tahunnya. Sehingga kita sadar ternyata bisnis yang awalnya dimulai dengan niat sambilan sudah jadi penopang hidup keluarga kita.

Selamat berbisnis bagi anda yang masih karyawan. Buka mata akan peluang disekitar anda. Dan bersiaplah menjalani hidup yang tidak lagi tergantung kepada orang lain, melainkan 100% bergantung kepada diri anda sendiri.

Penulis:
Doris Nasution
www.doris-nasution.net


Be Sociable, Share!

Speak Your Mind

*

You might also likeclose